PRJ, Benelli Cafe Racer 1130 cc Yang Otot Kawat
DUTANEWS,Postur motor ini berotot kawat. Darahnya tetap oli. Minumnya juga bengsin. Tidak ada dua unsur itu, namanya motor mainan. Trus, trus,
rangkanya pipa bulat saling tusuk pada pegangan mesin dan pipa yang
sama sampai ke lengan ayun. Roda besar dan ban seukuran mobil 180/65,
ini hanya andai lho. Bongkahan engine tidak
kalah, kira-kira seukuran mesin Nissan March yang tiga silinder. Pasti,
siapa pun akan terpesona di saat persiapan pengerjaan stand PRJ. Lha,
wong, biasa lihat itik kok.
Itu Benelli Café Racer 1.130
di PRJ. Fotonya diambil 13 Juni 2012 waktu stand-stand PRJ masih
berantakan. Motor buatan Italia ini baru turun dari truk atau dalam
proses loading. Ini motor pabriknya sudah ada 100 tahun lalu di
negaranya Valentino Rossi, Italia. Yang datang ke PRJ sebagai gacoan
pabrikan Benelli Motor Indonesia (BOI), model cafe racer (CR) seperti
tipenya. BOI baru berdiri pada 2012 ini.
Istilah
CR ngetop di zaman bali (balap liar) Eropa awal 1980. Capek
kebut-kebutan haram itu, lantas nongkrong di cafe. Puas minum, balap
lagi dan nongkrong lagi di cafe. Kalau di sini seperti nongkrong di
tenda Indomie. Usai kenyang lanjut lagi balap liarnya. “Sengaja
desainnya simpel, untuk memperlihatkan teknologi dari bagian mesin dan
sebagainya,” ungkap Joel Kusuma selaku Business Development Manager BOI.
Selain
rangka telanjang bulat, desain belulang dibikin menarik yang disebut
simpel itu. Bahkan pengait atau pengangan mesin dari rangka
juga telanjang. Baut-baut model bintang yang bermutu bisa dilihat
langsung memegang mesin. Sampai pertemuan rangka di dekat lengan ayun
bisa dianalis. Bawah, itu rangka bisa diurai per bagian. Setiap
sambungan rangka ada klem pengikat.
Hider atau tiga leher kenalpot bergabung jadi satu (3-1) dari mesin tiga silinder sebaris (in line), juga jelas. Leher-leher kenalpot itu bagian dari penampilan yang disebut simpel tadi. “Radiator mengapit sisi kanan dan kiri mesin, tak usah khawatir kekurangan hembusan angin. Setiap radiator dilengkapi extra fan,” jelas Joel yang sangat bersemnagat menjelaskan kelebihan mesin dan sasis.
Benelli yang bukan benalu itu, sudah ada sejak 1911 dan memang tidak main-main mengejutkan PRJ. Walau belum kedengaran di balap motor dunia, kaliper rem pakai Brembo dan suspensi depan up-side down keluaran Marzocchi. Apalagi instrumen dilengkapi tombol power control, “Fungsi tombol ini untuk membatasi tenaga, macam traction control di MotoGP,” jelas Joel pada kuda besi yang dilepas Rp 385 juta itu.
Korupsi dulu ah... adit
SUMBER : http://www.maniakmotor.com/index.php/15-news/headlines/500-prj-benelli-cafe-racer-1130-cc-yang-otot-kawat